-->

Pengertian SEO, serta langkah menerapkannya


Pengertian SEO (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa indonesia Optimasi Mesin Pencari adalah langkah-langkah atau proses yang dilakukan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik (lalu lintas) kunjungan melalui mesin pencari (search engine) menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Jadi, tujuan dari SEO adalah untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau halaman depan pada hasil pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) yang ditargetkan atau yang dicari. Apabila sebuah situs web memiliki posisi teratas atau halaman depan pada hasil pencarian oleh mesin pencari (search engine) seperti Google, otomatis situs web tersebut akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi dan berkualitas.

Mesin pencari atau search engine memiliki algoritma tersendiri untuk dapat mengindex suatu situs web untuk masuk di halaman depan atau puncak teratas dari hasil pencarian oleh search engine. Sehingga, mau tidak mau pemilik situs web harus menerapkan dan menguatkan langkah SEO untuk situs web-nya agar situs tersebut memiliki banyak pengunjung dan juga memiliki banyak keuntungan seperti makin banyaknya pembeli yang membeli barang-barang dari situs web atau blog tersebut.

Langkah-langkah menerapkan SEO

1. SEO ON-PAGE

SEO ON-PAGE adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh para blogger untuk mengelola 
dari dalam blog atau website yang dimiliki. Para pemilik blog atau website melakukan optimasi dari dalam blog atau website dengan cara :
  • Menggunakan template SEO 
  • Memasang meta tags SEO
  • Memasang keyword title/judul blog
  • Riset keyword
  • Mengoptimalkan loading blog
2. SEO OFF-PAGE

SEO OFF-PAGE adalah kebalikan dari SEO ON-PAGE. Yang dimaksud dari seo off-page ialah suatu usaha yang dilakukan dari eksternal blog atau website kita dengan memfokuskan diri pada membangun backlink, keuntungan membangun backlink bagi blog kita ialah akan mendapat reputasi di mesin pencari google

Disqus Comments