-->

Apa sih itu reskin ??? Pengertian dan penjelasan reskin


Banyak bertanya apa sih itu RESKIN, reskin adalah membongkar suatu aplikasi android/decompile untuk mengganti asset gambar, asset audio/suara, asset icon bahkan mengganti kode unit iklan. 

FUNGSI RESKIN 

Untuk membuat apk android tanpa melakukan coding, karena kalau kalian mau membangun sebuah aplikasi dari nol itu membutuhkan banyak waktu ,tenaga dan pikiran dan belum lagi dengan banyak bug yang bermunculan dan harus di benahi. 

Yang perlu dikerjakan hanya tinggal mengganti asset gambar, asset audio, icon dll bahkan jika kalian mau menambah pundi-pundi rupiah bisa kalian ganti unit id iklan admob dengan milik kalian.

Ada banyak marketplace yang menjual SC(source code) yang kemudian bisa kita reskin salah satunya bisa membeli ke codecanyon di mana ada banyak sekali SC dengan harga terjangkau.

APAKAH RESKIN MELANGGAR TOS (TERM OF SERVICES)

Dikutip dari forum ads.id

- kalau ngambil dari punya orang sebenernya gak boleh, tapi kalau dari free source code coba perhatiin ada tulisan commercial use ga? kalau ada ambil aja itu sama kayak public domain. tapi kalau tulisan nya personal use, ga boleh di monetize. yang saya tangkap sih gitu.

file apk itu ada license tersendiri, di enkripsi juga apalagi yg dipublish di google play. ada certificate key nya, klo ga salah package name ga bisa dirubah. itu sama aja nyuri barang orang om, lagian ga bisa masuk playstore juga kayaknya. mending beli source code di market android app template atau cari yg gratisan di github banyak. beda sama yg sudah jadi apk, source code android itu license nya itu ada yg GPL dan Apache License v2 klo ga salah, bebas untuk memodifikasi dan mendistribusikannya.

kalau menurut ane sih tergantung dari mana kita mendapatkan source code-nya, kalau diperoleh secara legal seperti beli di codecanyon sih tidak masalah kan sama saja kayak kita beli template wp buatan orang.
Jadikanlah reskin tersebut sebagai media pembelajaran saja 

Disqus Comments