-->

Cara melindungi artikel atau konten blog dari copy paste


Digital Millennium Copyright Act atau DMCA adalah situs perlindungan hak cipta yang tentunya bertujuan untuk melindungi hak cipta konten yang ada pada situs website atau blog dari berbagai tindakan pelanggaran hak cipta. Sehingga artikel didalam blog terdaftar secara resmi dan dapat diproses blia ada yang melakuakn pelanggaran hak cipta terhadap konten tersebut.

Sudah banyak para blogger yang mendaftarkan blognya ke DMCA. agar artikelnya terhindar dri copy paste apalagi dari AGC (Auto Generate Content) atau menyalin 100% artikel pada suatu blog.

Fungsi DMCA

DMCA adalah Digital Millenium Copyright Art yang berfungi untuk melindungi konten atau artikel yang terdapat di suata halaman web/blog sehingga dapat melakukan penedeteksian artikel asli dan artikel copas. DMCA akan melaporkan ke google bahwa suatu artikel telah di ambil tanpa ijin dari pemilik artikel.

Kegiatan manipulasi/ mengambil konten orang lain adalah suatu pekerjaan yang melanggar hak cipta/melanggar kebijakan google sehingga pemilik blog hasil copas akan dilengserkan oleh mesin pencari google.

Berikut cara daftar ke situs DMCA.

1. Pertama buka situs DMCA
2. Kemudian pilih badges
3. Kemudian kalian tinggal memilih badges mana yang sesuai dengan tema blog kalian, atau kalian bisa sign up juga hanya tinggal mengisi nama dan email. Copykan kode badge
4. Kemudian kalian masuk ke akun blogger > pilih tata letak > tambahkan widget HTML javascript > masukan kode yang telah kalian copykan tadi
5. Jika semua sudah selesai akun kalian akan aktif setelah 30 hari, jadi jangan hapus atau copot widget DMC tersebut agar mendapat sertifikat. 

Demikian cara melindungi blog atau website dari copy paste

Disqus Comments