-->

Pengertian dan pengenalan template,theme,tema blog blogger


Apa sih sebenarnya template blog itu? Template blog atau Template website itu adalah desain-desain halaman blog ataupun halaman website beserta seluruh komponennya baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Template bisa juga anda artikan sebagai tema blog atau tampilan blog. Seperti yang anda lihat saat ini di blog belajar blog dan seo, bahwa terlihat tatanan gambar atau tampilan serta tulisan di layar monitor anda, itulah yang dinamakan template.

Di blogger atau blogspot, anda dapat mengganti template blog anda secara leluasa sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing. Jika anda telah mahir membuat template sendiri, anda dapat menggunakan template tersebut untuk blog anda. Namun, jika anda masih awam dalam membuat template, pihak blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa template yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan.

Tapi sayang nya template yang di sediakan oleh blogger terlalu sedikit, dan menurut saya kurang menarik, nah,, tapi anda tidak perlu kawatir, anda dapat pula mengunduh atau mendownload template blogger dari penyedia template blogger. Penyedia template blogger bayak sekali, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis.

salah satu contoh website yang menyediakan template blogger tersebut adalah http://www.btemplates.com, disana terdapat ratusan template blogger yang bisa anda gunakan secara gratis. Namun, jika anda menggunakan template gratis, syarat yang harus ditaati adalah tidak boleh menghapus atau menghilangkan credit link dari pembuat template tersebut. Btemplates.com hanyalah salah satu penyedia template blogger, di luar sana masih buanyank yang memberikan template scara gratis.



Macam-macam template blog/website.

Di dalam dunia blogger atau website, dikenal bermacam-macam model dan bentuk template ini, mulai dari yang simple hingga yang cukup rumit semacam model "magazine template". Disamping itu ada pula yang dikenal dengan istilah SEO Friendly sampai kepada Responsive Template (semacam yang sedang anda lihat sekarang ini).

Template SEO Friendly
Template SEO Friendly adalah merupakan sebuah model template blog yang dibuat atau dirancang sedemikian rupa oleh si ahli SEO dengan tujuan agar setiap artikel blog/situs yang menggunakan model template ini nantinya mampu bersaing dengan artikel-artikel blog/situs orang lain dalam suatu hasil penelusuran search engine. Maksud dari bersaing itu sendiri yaitu perebutan sportif untuk meraih posisi teratas pada Search Engine atau hasil penelusuran mesin pencari berdasarkan suatu kata kunci (keyword) yang sama. Model template SEO Friendly ini pada dasarnya dipasang sebuah script-script HTML khusus untuk memudahkan serta mempercepat proses crawling oleh mesin pencari, terutama Google Search Engine.

Responsive Template
Model Responsive Template ini akan mudah terlihat pada tampilannya, template responsive akan membuat sebuah blog/situs enak dilihat bila dibuka (diakses) dengan mempergunakan prangkat mobile atau smartphone. Dan setelah Responsive Blog melakukan sebuah penelitian kecil-kecilan apakah template responsive akan mempengaruhi posisi blog pada mesin pencari, jawabannya ternyata "iya". Template yang responsive akan membuat artikel-artikel sebuah blog/situs menjadi lebih tinggi posisinya pada hasil pencarian oleh mesin pencari ( Versi Mobile ) bila dibandingkan dengan artikel-artikel sebuah blog/situs yang tidak mempergunakan jenis responsive template.

Disqus Comments