-->

Pengertian shorten link (pemendek URL) keuntungan dan kerugian


Apa itu link shorten ?

Url shortener 
adalah sebuah kalimat dalam bahasa inggris yang jika diartikan kedalam bahasa indonesia berarti mempersingkat url atau meperpendekan url. Pada dunia internet, url shortener ini merupakan sebuah situs dimana si pemilik situs menyediakan tempat, jasa untuk memperpendek atau menyingkat suatu url yang sebelumnya terlihat panjang.Adapun tujuan seseorang untuk memperpendek url itu sendiri adalah agar url yang sebelumnya terlihat panjang cendrung kurang enak dipandang, dapat dirubah agar lebih terlihat minimalis dan tidak memakan banyak tempat.

Adapun menurut wikepedia, Url shortener atau penyingkat url adalah suatu teknik pada www yang membuat suatu laman situs dapat diakses dengan menggunakan suatu URL yang sangat pendek selain alamat aslinya.Tujuannya antara lain adalah untuk menghemat ruang.

Website penyedia shorten URL 

Web penyedia short link (pemendek link) sangatlah banyak, jika anda mempunyai blogger saya sarankan mencari web yang membayar mahal. Namun harus berhati-hati banyak penyedia web short link terbukti tidak membayar atau SCAM 

Berikut yang shorten link yang sering saya jumpai dan masih terbukti membayar :

  • Adf.ly
  • Safelinku
  • Shorte.st
  • Dan masih banyak lagi
Baca : 5 Shortlink/penyingkat URL dengan bayaran mahal 

Kegunaan shorten URL

Masih dalam sumber yang sama, Kegunaan dari URL shortening adalah untuk "mempercantik" link, melacak klik, atau menyamarkan alamat yang mendasarinya. Meskipun menyamarkan alamat yang mendasari mungkin diinginkan untuk alasan bisnis atau pribadi yang sah, itu terbuka untuk penyalahgunaan dan untuk alasan ini, beberapa penyedia layanan pemendekan URL telah menemukan diri mereka di blacklist spam, karena penggunaan layanan redirect mereka dengan situs mencoba untuk memotong mereka blacklist yang sama. Beberapa situs web mencegah  URL pendek diarahkan dari yang diposting.

Namun, menurut saya, Shortener URL itu sangat saya sukai. Sebagai pemula saya memiliki sebuah blog yang menyediakan beberapa tutorial yang perlu didownload oleh pembaca, maka link download tersebut saya perpendek melalui situs shortener tadi. Hasilnya, setiap kali orang memasuki link tersebut saya akan dibayar oleh pemilik shortener karena secara tak sengaja orang yang melakukan download tersebut sudah melihat iklan yang ditampilkan oleh shortener itu.

Keuntungan shorten URL

1. Untuk memperpendek URL 
URL yang lebih pendek terlihat ramping dan simple, sehingga memberikan dorongan bagi para blogger untuk memperpendek URL mereka.

2. Mendapat tambahan penghasilan
Alasan pertama pemilik blog menggunakan shorten link yaitu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dibalik adsense di blog itu sendiri. Memang bayaran shorten link tidak terlalu terasa rata-rata para web penyedia shorten link membayar per 1.000 tayangan dengan $1,5 USD.

3. Mudah untuk copy paste
Alasan lain tentunya adalah untuk memudahkan copy paste. Link yang terlalu panjang akan menyuliskan Anda saat melakukan copy paste bukan ?. Saya berpikir seperti itu, dengan memperpendek link atau URL, ini mempermudah Anda dan pengunjung untuk melakukan copy paste pada URL itu.

Kerugian shorten URL 

1. Membuat akses URL menjadi lambat
Meskipun banyak keuntungan menggunakan shorten link, namun terdapat kerugian yaitu situs URL anda akan terasa lambat setelah mengklik SKIP AD. Tapi tenang tidak akan mempengaruhi lambat yang signifikan.

2. Banyak penyedia situs web shorten SCAM tidak membayar
Jika kalian ingin menggunakan web shorten, usahakan mencari info terlebih dahulu tentang web tersebut jangan tergiur dengan bayaran mahal.


Disqus Comments